Persipura Jayapura Imbangi Madura United

By ommed


nusakini..com - Sempat tertinggal dua kali, Persipura Jayapura akhirnya memaksa Madura United harus puas bermain imbang 2-2 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, dalam matchday keenam Liga 1 2021/22, Minggu (3/10) sore WIB.

Hasil imbang ini tidak mengubah posisi Persipura di peringkat ke-14 klasemen sementara setelah mengoleksi nilai lima. Sedangkan Madura United naik satu tangga ke posisi sepuluh usai mengumpulkan tujuh poin.

Madura United dan Persipura memperagakan permainan terbuka sejak peluit kick-off ditiupkan wasit. Kedua tim saling melakukan serangan agar bisa mengungguli lawannya masing-masing di menit awal.


Madura United yang berstatus sebagai tuan rumah berhasil membuka keunggulan lebih dulu ketika laga memasuki menit ke-11. Tendangan bebas Hugo Gomes 'Jaja' Silva disambut tandukan Rafael Silva tanpa bisa dicegah kiper Fitrul Dwi Rustapa.

Persipura berusaha bangkit untuk menyamakan kedudukan. Namun upaya mereka membentur pertahanan solid Madura United, sehingga tidak banyak memberikan ancaman berarti.

Menjelang babak pertama berakhir, Rafael Silva sebetulnya sukses menjebol gawang Persipura, namun dianulir wasit, karena pemain bernomor punggung 9 ini dianggap terlebih dulu melakuan heng. Skor 1-0 untuk keunggulan Madura United menutup babak pertama.


Pertarungan antara Madura United dan Persipura berlangsung lebih menarik di babak kedua. Persipura yang mengubah papan skor bermain agresif dengan menekan pertahanan Madura United.

Upaya Persipura untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-55. Umpan matang Yohanes Pahabol dari sisi kiri serangan diselesaikan Riky Kayame dengan tendangan kaki kirinya yang bersarang di pojok kanan gawang Madura United.

Namun kegembiraan Persipura tidak berlangsung lama. Selang tiga menit kemudian, Madura United kembali mengungguli Mutiara Hitam ketika David Laly menuntaskan umpan terobosan Jaja untuk menjebol gawang Fitrul.


Pertandingan makin menarik setelah gol David Laly. Persipura mencoba peruntungan pada menit ke-61 lewat tendangan keras Henrique Motta dari luar kotak penalti, tapi dapat ditepis Muhammad Ridho. Selang lima menit kemudian, giliran Fitrul yang menepis sundulan Silvio Escobar.

Duet Kayame dan Pahabol menjadi momok bagi pertahanan Persipura akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-67. Kali ini Kayame memberikan umpan kepada Pahabol untuk menjebol gawang Ridho, sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Skor imbang ini membuat kedua tim makin bersemangat untuk mengatasi permainan lawan masing-masing. Kendati mendapatkan sejumlah peluang, baik Madura United maupun Persipura tidak berhasil mengubah papan skor, dan kedudukan 2-2 menutup pertandingan. (gi/om)